Sejarah Komputer

Salah satu mesin paling awal dirancang untuk membantu orang dalam perhitungan adalah sempoa yang masih digunakan beberapa 5000 tahun setelah penemuan tersebut.
Pada tahun 1642 Blaise Pascal (seorang matematikawan Perancis yang terkenal) menemukan mesin menambahkan berdasarkan pada roda gigi mekanik di mana nomor diwakili oleh roda pada roda.
Inggris, Charles Babbage, diciptakan pada 1830 adalah "Selisih Engine" terbuat dari batang kuningan dan timah dan roda gigi, dan juga merancang perangkat selanjutnya yang disebut "Analytical Engine". Desainnya yang terdapat lima karakteristik utama dari komputer modern: -

   
1. Perangkat input
   
2. Penyimpanan untuk nomor yang menunggu untuk diproses
   
3. Sebuah prosesor atau nomor kalkulator
   
4. Sebuah unit untuk mengontrol tugas dan urutan perhitungan yang
   
5. Sebuah perangkat output
Augusta Ada Byron (kemudian Countess of Lovelace) adalah seorang associate Babbage yang telah menjadi dikenal sebagai programmer komputer pertama.
Seorang Amerika, Herman Hollerith, yang dikembangkan (sekitar 1890) perangkat digerakkan oleh tenaga listrik pertama. Ini dimanfaatkan kartu menekan dan batang logam yang melewati lubang untuk menutup sebuah sirkuit listrik dan dengan demikian menyebabkan counter untuk maju. Mesin ini mampu menyelesaikan perhitungan sensus AS tahun 1890 dalam 6 minggu dibandingkan dengan 7 1/2 tahun untuk sensus 1880 yang dihitung secara manual.
Pada tahun 1936 Howard Aiken dari Harvard University yakin Thomas Watson dari IBM untuk berinvestasi $ 1 juta dalam pengembangan versi elektromekanis mesin analitis Babbage. Harvard Mark 1 selesai pada 1944 dan adalah 8 meter dan 55 meter panjang.
Pada waktu yang sama (tahun 1930-an) John Atanasoff dari Iowa State University dan asistennya Clifford Berry membangun komputer digital pertama yang bekerja secara elektronik, ABC (Atanasoff-Berry Computer). Mesin ini pada dasarnya kalkulator kecil.
Pada tahun 1943, sebagai bagian dari upaya perang Inggris, rangkaian komputer berbasis tabung vakum (bernama Colossus) dikembangkan untuk memecahkan kode rahasia Jerman. Colossus Mark 2 seri (foto) terdiri dari 2400 tabung vakum.
John Mauchly dan J. Presper Eckert dari University of Pennsylvania mengembangkan ide-ide lebih lanjut dengan mengusulkan sebuah mesin besar yang terdiri dari 18.000 tabung vakum. ENIAC (Electronic Numerical Integrator Dan Komputer) lahir pada tahun 1946. Itu adalah mesin besar dengan kebutuhan daya yang sangat besar dan dua kelemahan utama. Pemeliharaan sangat sulit karena tabung rusak secara teratur dan harus diganti, dan juga ada masalah besar dengan overheating. Keterbatasan paling penting, bagaimanapun, adalah bahwa setiap kali tugas baru perlu dilakukan mesin perlu rewired. Dengan kata lain pemrograman dilakukan dengan solder besi.

Pada tahun 1940-an John von Neumann (pada saat itu seorang konsultan khusus untuk tim ENIAC) mengembangkan (Komputer Elektronik Otomatis Discrete Variable) EDVAC yang mempelopori "konsep program yang tersimpan". Program ini memungkinkan untuk dibaca ke dalam komputer dan melahirkan usia komputer untuk keperluan umum.
 John Mauchly dan J. Presper Eckert dari University of Pennsylvania mengembangkan ide-ide lebih lanjut dengan mengusulkan sebuah mesin besar yang terdiri dari 18.000 tabung vakum. ENIAC (Electronic Numerical Integrator Dan Komputer) lahir pada tahun 1946. Itu adalah mesin besar dengan kebutuhan daya yang sangat besar dan dua kelemahan utama. Pemeliharaan sangat sulit karena tabung rusak secara teratur dan harus diganti, dan juga ada masalah besar dengan overheating. Keterbatasan paling penting, bagaimanapun, adalah bahwa setiap kali tugas baru perlu dilakukan mesin perlu rewired. Dengan kata lain pemrograman dilakukan dengan solder besi.

Pada tahun 1940-an John von Neumann (pada saat itu seorang konsultan khusus untuk tim ENIAC) mengembangkan (Computer Electronic Automatic Discrete Variable) EDVAC yang mempelopori "konsep program yang tersimpan". Program ini memungkinkan untuk dibaca ke dalam komputer dan melahirkan usia komputer untuk keperluan umum.

Generasi dari Komputer
Dulu cukup populer untuk menyebut komputer sebagai milik salah satu dari beberapa "generasi" dari komputer. Generasi ini adalah: -
Generasi Pertama (1943-1958): Generasi ini sering digambarkan sebagai dimulai dengan pengiriman komputer komersial pertama yang klien bisnis. Hal ini terjadi pada tahun 1951 dengan pengiriman UNIVAC ke Biro Sensus. Generasi ini berlangsung hingga sekitar akhir tahun 1950 (meskipun beberapa tinggal di operasi lebih lama dari itu). Ciri utama dari generasi pertama dari komputer adalah bahwa tabung vakum digunakan sebagai komponen komputer internal. Tabung vakum pada umumnya sekitar 5-10 cm panjangnya dan sejumlah besar dari mereka diperlukan dalam komputer mengakibatkan mesin yang sangat besar dan sangat mahal yang sering rusak (seperti tabung gagal).
Generasi Kedua (1959-1964): Dalam Labs pertengahan tahun 1950 Bell mengembangkan transistor. Transistor yang mampu melakukan banyak tugas yang sama seperti tabung vakum tetapi hanya sebagian kecil dari ukuran. Komputer transistor berbasis pertama diproduksi pada tahun 1959. Transistor tidak hanya lebih kecil, memungkinkan ukuran komputer menjadi berkurang, tapi mereka lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan dikonsumsi listrik kurang.
Perbaikan utama lain dari periode ini adalah pengembangan dari bahasa komputer. Assembler bahasa atau bahasa simbolis diperbolehkan pemrogram untuk menentukan instruksi dengan kata (meskipun kata-kata yang samar) yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk yang mesin bisa mengerti (biasanya rangkaian 0 dan 1 ini: Kode Biner). Bahasa tingkat tinggi juga muncul menjadi ada selama periode ini. Sedangkan bahasa assembler memiliki korespondensi satu-ke-satu antara simbol dan fungsi mesin yang sebenarnya, perintah tingkat yang lebih tinggi bahasa sering mewakili urutan kompleks kode mesin. Dua bahasa tingkat tinggi yang dikembangkan selama periode ini (Fortran dan Cobol) yang masih digunakan sampai sekarang meskipun dalam bentuk yang jauh lebih berkembang.
Generasi Ketiga (1965-1970): Pada tahun 1965 sirkuit terintegrasi (IC) dikembangkan di mana sirkuit lengkap dari ratusan komponen mampu ditempatkan pada sebuah chip silikon tunggal 2 atau 3 mm persegi. Komputer yang menggunakan transistor mesin ini segera digantikan berbasis IC. Sekali lagi, salah satu keuntungan utama adalah ukuran, dengan komputer menjadi lebih kuat dan pada saat yang sama jauh lebih kecil dan lebih murah. Komputer sehingga menjadi dapat diakses oleh khalayak yang lebih besar. Keuntungan tambahan dari ukuran yang lebih kecil adalah bahwa sinyal-sinyal listrik memiliki jarak lebih pendek untuk perjalanan dan sehingga kecepatan komputer meningkat.
Fitur lain dari periode ini adalah bahwa perangkat lunak komputer menjadi jauh lebih kuat dan fleksibel dan untuk pertama kalinya lebih dari satu program dapat berbagi sumber daya komputer pada saat yang sama (multi-tasking). Sebagian besar bahasa pemrograman yang digunakan saat ini sering disebut sebagai 3GL itu (bahasa generasi ke-3) meskipun beberapa dari mereka berasal selama generasi 2.
Generasi Keempat (1971-sekarang): Batas antara generasi ketiga dan keempat sangat tidak jelas sama sekali. Sebagian besar perkembangan sejak pertengahan tahun 1960 bisa dilihat sebagai bagian dari sebuah kontinum miniaturisasi bertahap. Pada tahun 1970 skala besar integrasi dicapai dimana setara dengan ribuan sirkuit terpadu yang dijejalkan ke sebuah chip silikon tunggal. Perkembangan ini lagi meningkat kinerja komputer (terutama kehandalan dan kecepatan) sementara mengurangi ukuran komputer dan biaya. Sekitar waktu ini lengkap pertama tujuan umum mikroprosesor menjadi tersedia pada satu chip. Pada tahun 1975 Very Large Scale Integration (VLSI) mengambil proses satu langkah lebih lanjut. Prosesor komputer yang lengkap pusat sekarang dapat dibangun ke dalam satu chip. Mikro itu lahir. Chip tersebut jauh lebih kuat daripada ENIAC dan hanya sekitar 1cm persegi sementara ENIAC memenuhi sebuah bangunan besar.
Selama periode ini Bahasa Generasi Keempat (4GL itu) telah datang menjadi ada. Bahasa tersebut adalah langkah lebih lanjut dihapus dari perangkat keras komputer dalam bahwa mereka menggunakan bahasa seperti bahasa alami. Bahasa banyak database dapat digambarkan sebagai yang 4GL. Mereka umumnya lebih mudah untuk belajar dari adalah milik 3GL.
Generasi Kelima (masa depan): The "generasi kelima" komputer didefinisikan oleh pemerintah Jepang pada tahun 1980 ketika mereka meluncurkan sebuah rencana sepuluh tahun optimis untuk menghasilkan generasi berikutnya dari komputer. Ini rencana menarik karena dua alasan. Pertama, adalah tidak sama sekali benar-benar jelas apa generasi keempat, atau bahkan apakah generasi ketiga telah selesai. Kedua, itu adalah usaha untuk mendefinisikan sebuah generasi komputer sebelum mereka datang ke dalam keberadaan. Persyaratan utama dari mesin 5G adalah bahwa mereka menggabungkan fitur dari Kecerdasan Buatan, Sistem Pakar, dan bahasa alami. Tujuannya adalah untuk menghasilkan mesin yang mampu melakukan tugas dengan cara yang mirip dengan manusia, mampu belajar, dan mampu berinteraksi dengan manusia dalam bahasa alami dan sebaiknya menggunakan kedua input pidato (speech recognition) dan keluaran suara (sintesis pidato) . Tujuan seperti ini jelas menarik bagi ahli bahasa dan ilmuwan pidato sebagai bahasa alami dan pengolahan pidato merupakan komponen kunci dari definisi. Seperti bisa Anda tebak, tujuan ini belum sepenuhnya terwujud, meskipun kemajuan yang signifikan telah dibuat terhadap berbagai aspek tujuan ini.Paralel Computing
Sampai baru-baru kebanyakan komputer adalah komputer serial. Komputer tersebut memiliki chip prosesor tunggal yang mengandung prosesor tunggal. Komputasi paralel didasarkan pada gagasan bahwa jika lebih dari satu tugas dapat diproses secara simultan pada beberapa prosesor maka program akan dapat berjalan lebih cepat dari itu bisa pada prosesor tunggal. Superkomputer tahun 1990-an, seperti komputer Cray, yang sangat mahal untuk membeli (biasanya lebih dari $ 1.000.000) dan pendinginan sering dibutuhkan oleh helium cair sehingga mereka juga sangat mahal untuk menjalankan. Kelompok jaringan komputer (misalnya, culster Beowulf dari PC yang menjalankan Linux) telah, sejak tahun 1994, solusi yang jauh lebih murah untuk masalah proses cepat tugas komputasi yang kompleks. Pada tahun 2008, paling baru desktop dan laptop berisi lebih dari satu prosesor pada satu chip (misalnya Intel "Core 2 Duo" dirilis pada tahun 2006 atau Intel "Core 2 Quad" yang dirilis tahun 2007). Memiliki beberapa prosesor tidak selalu berarti bahwa komputasi paralel akan bekerja secara otomatis. Sistem operasi harus mampu mendistribusikan program antara prosesor (versi terbaru misalnya Microsoft Windows dan Mac OS X dapat melakukan hal ini). Sebuah program individu hanya akan dapat mengambil keuntungan dari beberapa prosesor jika bahasa komputer itu ditulis dalam mampu mendistribusikan tugas dalam program antara beberapa prosesor. Sebagai contoh, OpenMP mendukung pemrograman paralel dalam Fortran dan C / C + +.


Sumber : clas.mq.edu.au 

Post a Comment

0 Comments