![]() |
Microsoft Excel 2000 adalah salah satu program
aplikasi spreadsheet canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan
untuk membantu terutama untuk proses menghitung, memproyeksikan, menganalisa
dan mem-presentasikan data. Kesederhanaan dan otomatisasi yang ditawarkan
program ini telah menjadikannya bagian yang vital dari atktivitas bisnis
sehari-hari, baik dalam kantor yang kecil maupun perusahaan multinasional
sekalipun.
Microsoft Excel 2000 merupakan penyempurnaan dari
Microsoft Excel versi sebelumnya, namun
penyempurnaan ini tidak mengalami rekonstruksi besar-besaran akan tetapi
terdapat beberapa perubahan kecil antara lain :
- Penyempurnaan dilakukan pada dialog Open serta File Save yang dilengkapi dengan daftar bergaya browser dari file-file dan folder yang diakses paling akhir.
- Lebih mudah digunakan dan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada pada sistem jaringan baik Internet maupun Intranet.
- Format HTML (Hypertext Markup Language) built-in untuk halaman Web, Pivot Tables dan diagram lebih mudah dibuat.
- Dan masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya yang tidak dapat disebut-kan satu persatu.
1.2. Mengakhiri Microsoft Excel 2000
Setelah Anda selesai bekerja dengan Microsoft Excel
2000, dan untuk mengakhirinya, Anda dapat melakukan salah satu perintah di
bawah ini :
- Klik menu File, Exit
- Klik tombol Close X yang berada di pojok kanan atas.
- Tekan tombol Alt+F4
1.3. Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel 2000
Pada saat Anda menjalankan Microsoft Excel 2000, ,
sebuah Workbook kosong akan dibuka. Workbook ini terdiri dari beberapa lembar
kerja (Worksheet) sebagaimana terlihat di layar dalam keadaan standar terdapat
3 (tiga) worksheet yaitu Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Anda dapat menyisipkan
sheet baru jika diinginkan.Lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari 256
kolom dari mulai kolom A sampai dengan kolom IV dan 65536
baris dari baris 1 sampai dengan 65536.
Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut :
Gambar 1.3. : Elemen Dasar Microsoft Excel 2000
Keterangan :
Baris Judul (Title Bar)
Baris judul berisi nama
jendela atau nama judul program aplikasi (Window Title) dan nama dokumen yang
sedang dibuka, baris judul ini dapat digunakan untuk memindahkan jendele ke
posisi lain yang Anda inginkan.
Baris
Menu (Menu Bar)
Baris
menu adalah barisan perintah berupa menu yang terletak di bawah baris judul,
sebagai contoh jendela Excel 2000 mempunyai baris menu yang terdiri atas File,
Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows dan Help.
Toolbar
Toolbar
digunakan agar Anda dapat memilih dan menjalankan suatu perintah dengan cepat
dan mudah, terutama untuk perintah-perintah yang sering Anda gunakan. Toolbar
ini berisi berbagai icon yang mewakili perintah-perintah tertentu.
Dalam
keadaan standar, toolbar yang muncul di layar ada 3 (tiga), yaitu toolbar
Standard, Formating dan Drawing.
Baris
Rumus (Formula Bar)
Baris
rumus akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif (disorot)
di lembar kerja.
Sel
(Cells)
Sel
adalah perpotongan antara kolom dan baris. Pada saat Anda memulai menjalankan
komputer, sel terdapat di sel A1 artinya sel tersebut terdapat di
kolom A baris 1.
Range
Range
adalah kumpulan dari beberapa sel. Misal range C1:E3 artinya
range tersebut terdiri dari sel-sel :
C1 D1 E1
C2 D2 E2
C3 D3 E3
Baris
(Row)
Terdiri
dari baris 1 sampai dengan baris 65536. Dalam keadaan standard,
masing-masing tinggi baris yaitu 1.75.
Kolom
(Column)
Terdiri
dari kolom A sampai dengan kolom IV. Dalam keadaan standard,
masing-masing lebar kolom yaitu 8.43.
Tab Worksheet
Pada
saat Microsoft Excel diaktifkan, akan ditampilkan sebuah Workbook baru yang
masing kosong yang diberi nama BOOK1. Workbook Microsoft Excel yang akan
Anda gunakan dapat terdiri dari beberapa Worksheet. Secara default setiap
Worksheet terdiri dari 3 (tiga) Worksheet, yang diberi nama Sheet1, Sheet2
dan Sheet3.
Baris
Status (Status Bar)
Baris
Status memberikan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan
dengan posisi titik sisip sekarang berada. Pada baris status ini ditampilkan
pulu Tombol Indikator untuk memperlihatkan modus yang sedang aktif sekarang.
Baris Penggulung (Scroll
Bar)
Baris
penggulung digunakan untuk menggulung layar baik baris per baris maupun layar
per layar. Baris penggulung pada suatu
jendela ada dua jenis yaitu :
a. Baris
Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar) digunakan untuk menggulung layar jendela ke kiri
atau ke kanan.
b. Baris
Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar) digunakan untuk meng-gulung layar jendela ke atas atau ke bawah.
1.4. Memindahkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Pada saat Anda membuka lembar kerja Microsoft Excel,
posisi penunjuk sel berada pada alamat sel A1. Untuk memindahkan penunjuk sel
ke lokasi yang diinginkan, Anda dapat menggunakan keyboard atau mouse. Apabila
Anda menggunakan keyboard Anda harus menggunakan tombol panah atau gabungan
dengan tombol lainnya. Di bawah ini anda dapat menggunakan salah satu perintah
berikut :
Tombol
|
Keterangan
|
Panah kiri
|
Pindah ke kiri satu sel
|
Panah kanan
|
Pindah ke kanan satu sel
|
Panah Atas
|
Pindah ke atas satu sel
|
Panah Bawah
|
Pindah ke bawah satu sel
|
Page Up
|
Pindah satu layar ke atas
|
Page Down
|
Pindah satu layar ke bawah
|
Tab
|
Pindah satu sel ke kanan
|
Enter
|
Pindah satu sel ke bawah
|
Shift-Tab
|
Pindah satu sel ke kiri
|
Shift-Enter
|
Pindah satu sel ke atas
|
Home
|
Pindah ke kolom A pada pada posisi baris yang sedang
dipilih
|
Ctrl+Panah Kiri
|
Pindah ke sel pertama dalam baris yang berisi data
|
Ctrl+Panah Kanan
|
Pindah ke sel terakhir dalam baris yang berisi data
|
Ctrl+Home
|
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
|
Ctrl+End
|
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
|
1.5. Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Sebelum Anda memasukkan data, Anda perlu mengetahui cara
Excel menangani data. Ada berbagai jenis data yang dapat Anda masukkan ke dalam
lembar kerja, yaitu teks (label), nilai (value), tanggal (date) dan jam
(time).
Nilai (Value) adalah data yang berupa angka atau rumus.
Setiap data angka atau rumus harus diawali dengan karakter berikut ini :
0,1,2,……….9, atau +,-,=,$,#,( dan @
Contoh Data Angka dan Rumus :
200562 =A1+B1
=12+21 =SUM(A1:A5)
(20*12)
Data yang diawali dengan karakter yang tidak
tercantum di atas, akan diperlakukan sebagai teks atau label.
Contoh
teks atau label adalah :
Azzura luthfia Salman
Jl. Kesana Terus Kesini
Tasikmalaya
Langkah untuk memasukkan data ke dalam suatu sel pada
lembar kerja yaitu :
a.
Pilih
dan klik sel yang akan diisi data
b.
Ketikkan
data yang Anda inginkan
c.
Tekan
Enter
Catatan :
- Ketika Anda mengikkan data, perhatikan beberapa hal berikut ini :
- Data yang telah Anda ketikkan, akan muncul di sel yang Anda pilih maupun di baris rumus.
- Pada sel tempat Anda mengetikkan data, terdapat garis vertikal yang berkedip-kedip yang biasa disebut Titik Sisip (Insertion Point).
- Apabila ada kesalahan mengetik, hapuslah karakter yang salah tersebut dengan menekan tombol Backspace
Untuk mengakhiri pemasukkan data, Anda tidak selalu
harus dengan menekan tombol Enter pada keyboard, tetapi dapat juga dilakukan
dengan menekan tombol ENTER pada baris formula seperti berikut :
1.6. Memperbaiki Kesalahan Pengetikan Data
Kesalahan di dalam pengetikan data adalah hal yang
lumrah. Apabila suatu saat Anda mengalami hal yang demikian, maka Anda dapat
memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara :
a. Tempatkan
penunjuk sel di sel yang datanya akan Anda perbaiki, lalu tekan tombol F2.
Atau tempatkan penunjuk mouse pada sel yang diinginkan, kemudian klik dua
kali.
b. Untuk
memperbaiki data Anda, dapat menggunakan tombol berikut ini :
Delete
(Del) : menghapus
karakter pada posisi titik sisip
Backspace : menghapus
karakter yang ada di kiri sisip
Panah kiri : titik sisip
ke kiri satu karakter
Panah kanan : titik sisip
ke kanan satu karakter
Ctrl +
Panah kiri : titik sisip
ke kiri satu kata
Ctrl +
Panan kanan : titik sisip
ke kanan satu kata
Home : titik sisip
ke awal baris
End : titik sisip
ke akhir baris
c. Lalu
tekan Enter setelah Anda selesai memperbaiki data tersebut.
1.7.
Menyimpan Buku Kerja
Untuk menyimpan seluruh lembar kerja yang ada pada
Buku Kerja (Workbook) yang telah Anda ketik sebelumnya, dapat Anda simpan ke
dalam harddisk atau disket dengan langkah berikut :
a. Klik
menu File, Save atau tekan Ctrl + S. Jika Anda
menyimpan file untuk pertama kali, maka akan muncul kotak dialog berikut :
Gambar 1.4. : Kotak dialog Save As
b. Pada
kotak isian File name, ketik nama filenya
c. Jika
ingin disimpan pada disket kerja Anda, pada kotak daftar pilihan Save in,
pilih dan klik misal 3½ Floppy (A:)
d. Klik
Save
Selain cara di atas,
Anda dapat menyimpan File dengan menggunakan toolbar (Save)
1.8. Menutup Buku Kerja
Buku Kerja (Workbook) yang telah Anda simpan pada
seluruh lembar kerja, dapat Anda tutup dengan memilih :
a. Klik menu File
b. Lalu Close.
1.9. Membuka Buku Kerja Baru
Apabila anda menghendaki buku kerja (Workbook) yang
masih kosong, untuk memasukkan data baru, Anda dapat memilih :
a. Menu File, New (Ctrl+N)
b. Lalu
OK.
Atau dengan menggunakan toolbar (New)
A. Membuka File Buku Kerja yang ada
File yang telah Anda simpan baik pada Harddisk
maupun pada Disket Kerja, dapat Anda
buka kembali dengan cara :
a. Klik menu File,
b. Pilih dan klik Open (Ctrl+O)
Atau dengan
(Open)
sehingga di layar muncul gambar :
Gambar 1.5. : Kotak dialog Open
c. Pada
tombol daftar pilihan Look in, pilih dan klik folder atau drive yang
Anda inginkan.
d. Pada
kotak isian File name, ketikkan nama filenya. Atau pilih dan klik nama
file pada kotak daftar pilihan yang tertera di layar
e. Klik
tombol Open
B. Memasukkan Rumus
Rumus pada program spreadsheet seperti Excel 2000
merupakan suatu proses operasi matematik. Untuk mengoperasikan data dengan
menggunakan rumus, harus diawali dengan lambang sama dengan (=) dan tidak boleh
pakai spasi. Rumus yang Anda buat dapat dilakukan dengan cara menunjuk, hal ini
dilakukan untuk menghindari kemungkinan salah dalam pengetikan. Anda dapat
menunjuk dengan menggunakan mouse atau keyboard, namun disarankan menggunakan
mouse agar lebih praktis.
Contoh menulis rumus dengan cara diketik/ditulis :
Contoh menulis rumus dengan cara menunjuk :
a. Pilih dan klik sel C1
b. Ketik =
c. Pilih dan klik sel A1
d. Ketik +
e. Pilih dan klik sel B1
f.
Tekan ENTER atau
klik tombol Enter
pada
baris formula
C. Memasukkan Rangkaian Data
Microsoft Excel 2000 menyediakan fasilitas AutoFill
untuk memasukkan data yang berjenis Numerik (konstanta, tanggal atau
jam) atau Label (Nama Bulan dan
Hari yang mengikuti cara Internasional). Anda dapat memasukkan rangkaian data
berurut atau tidak dalam arah vertikal (ke bawah) atau horisontal (ke kanan).
Penggunaan fasilitas Autofill ini akan memudahkan dan
mempercepat di dalam memasukkan data.
Contoh Memasukkan rangkaian data berjenis Numerik :
(1) Konstanta
(Angka)
a. Ketik
angka 1 di sel A1 dan angka 2 di sel A2
b. Sorot
range A1:A2
c. Letakkan
pointer pada fill handel (lihat gambar) pada sudut kanan bawah sel, sehingga
bentuk pointer berubah menjadi tanda plus (+)
d. Lalu
drag (geser) fill handel ke bawah misal ke sel A12
(2) Tanggal :
a. Ketik
tanggal 1-Oct-99 di sel B1
b. Lalu
drag fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misal sel B12
(3) Jam :
a. Ketik
jam 7:00 di sel C1
b. Lalu
drag fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misal sel C12
Contoh Memasukkan rangkaian data berjenis Label
:
(1)
Nama
Bulan :
a. Ketik
di sel D1, misal January atau Jan
b. Lalu
drag fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misal sel D12
(2) Nama Hari :
a. Ketik
di sel E1, misal Sunday atau Sun
b. Lalu
drag fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misal sel E12
Contoh-contoh rangkaian data di atas, adalah
memasukkan data berurut dengan interval otomatis. Anda dapat mengatur jarak
interval pada data berurut yang ingin Anda masukkan ke dalam lembar kerja.
Pemasukkan urutan data dengan interval yang Anda
tentukan sendiri memerlukan dua data awal. Data awal pertama ditempatkan pada
sel pertama sedangkan data awal ke dua ditempatkan pada sel di bawahnya.
Contoh rangkaian data dengan jarak interval
ditentukan sendiri.
Misal Anda ingin membuat data Angka tahun dengan
jarak interval 5 tahun dari mulai tahun 1980.
a. Pada
data awal pertama ketik 1980 misal di sel A1
b. Pada
data awal kedua, ketik 1985 misal di sel A2
c. Sorot
range A1:A2
d. Lalu
drag fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data.
I. PRAKTEK/LATIHAN :
PETUNJUK :
(1) Buatlah
lembar kerja baru dengan menekan toolbar New atau klik menu File,
New, OK. Kemudian ketiklah data
berikut di bawah ini :
(2) Untuk
mengisi/memasukkan kolom NO dan TAHUN gunakan rangkaian data
seperti yang telah diuraikan pada subbab 14.1.
(3) Jumlahkan
kolom TOTAL pada sel G6 dengan rumus =C6+D6+E6+F6 dan sel C11
dengan rumus =C6+C7+C8+C9+C10 lalu salin rumus tsb.
(4)
Kemudian
simpan lembar kerja di atas dengan nama file MODUL-1



0 Comments